B.
Muatan Kurikulum di SD. Negeri Kloposawit 03
Muatan
kurikulum meliputi 8 mata pelajaran, 2 muatan lokal, dan 6 pengembangan diri.
1.
Mata Pelajaran
Mata Pelajaran di SD. Negeri Kloposawit
03 terdiri dari
8 mata pelajaran yaitu :
a.
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk :
a)
Menumbuhkembangkan akidah
melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan,
pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya
kepada Allah SWT.
b)
Mewujudkan manusia Indonesia
yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin
beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi
(tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan
budaya agama dalam komunitas sekolah.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama
Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1)
Al-Qur’an dan Hadits
2)
Aqidah
3)
Akhlak
4)
Fiqih
5)
Tarikh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan,
keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan
manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan
hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
b.
Pendidikan Kewarganegaraan
Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
a)
Berpikir secara kritis,
rasional, dan kreatif dalam menanggapi
isu kewarganegaraan
b)
Berpartisipasi secara aktif
dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
c)
Berkembang secara positif dan
demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat
Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
d)
Berinteraksi dengan
bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung
dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan meliputi aspek aspek sebagai berikut:
1)
Persatuan dan Kesatuan bangsa,
meliputi: Hidup rukun dalam perbedaan, Cinta lingkungan, Kebanggaan sebagai
bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,
Partisipasi dalam pembelaan negara, Sikap positif terhadap Negara Kesatuan
Republik Indonesia, Keterbukaan dan jaminan keadilan
2)
Norma, hukum dan peraturan,
meliputi: Tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang
berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara, Sistim hukum dan peradilan nasional, Hukum dan
peradilan internasional
3)
Hak asasi manusia meliputi:
Hak dan kewajiban anak, Hak dan kewajiban anggota masyarakat, Instrumen
nasional dan internasional HAM, Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
4)
Kebutuhan warga negara
meliputi: Hidup gotong royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan
berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama,
Prestasi diri , Persamaan kedudukan warga negara
5)
Konstitusi Negara meliputi:
Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama, Konstitusi-konstitusi yang
pernah digunakan di Indonesia, Hubungan dasar negara dengan konstitusi
6)
Kekuasan dan Politik,
meliputi: Pemerintahan desa dan kecamatan, Pemerintahan daerah dan otonomi, Pemerintah
pusat, Demokrasi dan sistem politik, Budaya politik, Budaya demokrasi menuju
masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers dalam masyarakat demokrasi
7)
Pancasila meliputi: kedudukan
Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, Proses perumusan Pancasila
sebagai dasar negara, Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka
8)
Globalisasi meliputi: Globalisasi
di lingkungannya, Politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, Dampak
globalisasi, Hubungan internasional dan organisasi internasional, dan
Mengevaluasi globalisasi.
c.
Bahasa Indonesia
Mata pelajaran Bahasa
Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
a)
Berkomunikasi secara efektif
dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
b)
Menghargai dan bangga
menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
c)
Memahami bahasa Indonesia dan
menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
d)
Menggunakan bahasa Indonesia
untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
e)
Menikmati dan memanfaatkan
karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta
meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
f)
Menghargai dan membanggakan
sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang
Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup
komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1)
Mendengarkan
2)
Berbicara
3)
Membaca
4)
Menulis.
d.
Matematika
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik
memiliki kemampuan sebagai berikut :
a)
Memahami konsep matematika,
menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma,
secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.
b)
Menggunakan penalaran pada
pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi,
menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
c)
Memecahkan masalah yang
meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan
model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
d)
Mengomunikasikan gagasan
dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau
masalah
e)
Memiliki sikap menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian,
dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam
pemecahan masalah.
Ruang Lingkup
Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SD/MI
meliputi aspek aspek sebagai berikut.
1)
Bilangan
2)
Geometri dan pengukuran
3)
Pengolahan data.
e.
Ilmu Pengetahuan Alam
Mata pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut :
a)
Memperoleh keyakinan terhadap
kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan
alam ciptaan-Nya
b)
Mengembangkan pengetahuan dan
pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari
c)
Mengembangkan rasa ingin tahu,
sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi
antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat
d)
Mengembangkan keterampilan
proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
e)
Meningkatkan kesadaran untuk
berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
f)
Meningkatkan kesadaran untuk
menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
g)
Memperoleh bekal pengetahuan,
konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke
SMP/MTs.
Ruang
Lingkup
Ruang
Lingkup bahan kajian IPA untuk SD/MI meliputi aspek-aspek berikut.
1)
Makhluk hidup dan proses
kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan,
serta kesehatan
2)
Benda/materi, sifat-sifat dan
kegunaannya meliputi: cair, padat dan gas
3)
Energi dan perubahannya
meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik,cahaya dan pesawat sederhana
4)
Bumi dan alam semesta
meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.
f.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik
memiliki kemampuan sebagai berikut :
a)
Mengenal konsep-konsep yang
berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
b)
Memiliki kemampuan dasar untuk
berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan
keterampilan dalam kehidupan sosial
c)
Memiliki komitmen dan
kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
d)
Memiliki kemampuan
berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di
tingkat lokal, nasional, dan global.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
1)
Manusia, Tempat, dan
Lingkungan
2)
Waktu, Keberlanjutan, dan
Perubahan
3)
Sistem Sosial dan Budaya
4)
Perilaku Ekonomi dan
Kesejahteraan.
g.
Seni Budaya dan Keterampilan
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
a)
Memahami konsep dan pentingnya
seni budaya dan keterampilan.
b)
Menampilkan sikap apresiasi
terhadap seni budaya dan keterampilan.
c)
Menampilkan kreativitas
melalui seni budaya dan keterampilan.
d)
Menampilkan peran serta dalam
seni budaya dan keterampilan dalam
tingkat lokal, regional, maupun global.
Ruang Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1)
Seni rupa, mencakup
pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa
lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
2)
Seni musik, mencakup kemampuan
untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
3)
Seni tari, mencakup
keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi,
apresiasi terhadap gerak tari
4)
Seni drama, mencakup
keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari dan peran
5)
Keterampilan, mencakup segala
aspek kecakapan hidup ( life skills ) yang meliputi keterampilan personal,
keterampilan sosial, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik.
h.
Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
a)
Mengembangkan keterampilan
pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat
melalui berbagai aktivitas
jasmani dan olahraga yang terpilih.
b)
Meningkatkan pertumbuhan fisik
dan pengembangan psikis yang lebih baik.
c)
Meningkatkan kemampuan dan
keterampilan gerak dasar.
d)
Meletakkan landasan karakter
moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam
pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
e)
Mengembangkan sikap sportif,
jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri, dan demokrasi.
f)
Mengembangkan keterampilan
untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
g)
Memahami konsep aktivitas
jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai
pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil,
serta memiliki sikap yang positif.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1)
Permainan dan olahraga
meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan
lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers,
sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis,
dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2)
Aktivitas pengembangan
meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur
tubuh serta aktivitas lainnya
3)
Aktivitas senam meliputi: ketangkasan
sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai,
serta aktivitas lainnya
4)
Aktivitas ritmik meliputi:
gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
5)
Aktivitas air meliputi:
permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang
serta aktivitas lainnya
6)
Pendidikan luar kelas,
meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan
mendaki gunung
7)
Kesehatan, meliputi penanaman
budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari- hari, khususnya yang terkait dengan
perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih
makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu
istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek
kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua
aspek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar