SILABUS
Nama Sekolah : SDN ……………………………..
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : III / 1
Standard Kompetensi : 1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan makhluk hidup.
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran (pengalaman Belajar Siswa) | Materi Pembelajaran | Alokasi Waktu | Penilaian | Sumber/ Alat/ Bahan | ||
Jenis | Bentuk | Contoh | ||||||
1.2. Meng-golongkan makhluk hidup secara sederhana | 1. Kognitif a. Produk 1) Menyebutkan contoh-contoh tumbuhan berbunga dan tidak berbunga. 2) Menjelaskan ciri-ciri tumbuhan berbunga dan tidak berbunga. b. Proses 1) Menunjukkan dan mencatat tumbuhan berbunga dan tidak berbunga 2) Menggolongkan tumbuhan berbunga dan tidak berbunga 2. Psikomotor a. Melakukan pengamatan terhadap tumbuhan berbunga dan tidak berbunga b. Melakukan penggolongan tumbuhan berbunga dan tidak berbunga 3. Afektif a. Melakukan komunikasi : presentasi, bertanya, dan berpendapat b. Melakukan kerjasama | 1. Mendiskusikan contoh-contoh tumbuhan berbunga dan tidak berbunga 2. Mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan berbunga dan tidak berbunga 1. Mencatat tumbuhan berbunga dan tidak berbunga 2. Mendiskusikan penggolongan tumbuhan berbunga dan tidak berbunga 1. Mengamati tumbuhan berbunga dan tidak berbunga 2. Menggolongkan tumbuhan berbunga dan tidak berbunga 1. Membimbing kelompok dalam mengerjakan tugasnya 2. Membimbing kelompok dalam presentasi, mengajukan pendapat, atau menyampaikan pertanyaan | Penggolongan tumbuhan berdasarkan bunganya | 1 x 30 menit | 1. Tes tulis 2. Unjuk kerja 3. Sikap | 1. Uraian 2. Penilaian Produk 3. Penilaian Sikap | Terlampir pada lembar pada lembar penilaian | 1. Buku BSE IPA/SAINS Kelas III Kemendiknas 2. LKS 3. Lembar penilaian produk dan proses 4. Lembar penilaian kinerja 5. Lembar pengamatan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar