ANALISIS SWOT SDN KLOPOSAWIT 03
KECAMATAN CANDIPURO
Pengertian:
Mimpi sekolah ke depan yang dapat dipenuhi (diadakan), bukan fantasi. Gambaran keberhasilan ideal bagaimana sekolah akan diarahkan untuk tahun-tahun mendatang. Mimpi keberhasilan tersebut didasarkan pada nilai-nilai yang diyakini. Mimpi keberhasilan mengarah langsung pada tujuan dasar dari sekolah tersebut, yang dilandasi oleh semangat, kesungguhan dan keikhlasan dari pelaksana pendidikan di sekolah ini.
Profil Sekolah
1. Nama Sekolah : SD Negeri Kloposawit 03
2. Status : Negeri
3. NSS : 1 0 1 0 5 2 1 1 0 0 4 5
4. Trakreditasi : B
5. Jumlah Siswa : 65 Siswa
6. Jumlah Guru : 8 Orang
7. Jumlah Ruang : 4 Ruang Kelas, 1 Ruang Kantor, 1 Perumahan Guru
8. Pedesaan/Perkotaan : Pedesaan
9. Alamat : JL. Kebon Jati
Telepon : 08283932287 ( Ceria )
Desa: Kloposawit Kecamatan: Candipuro
Visi SDN Kloposawit 03
Terwujudnya manusia yang bermoral Pancasila, disiplin, santun, berprestasi, dan sehat berlandaskan Imtaq
Misi SDN Kloposawit 03
- Menanamkan nilai-nilai moral Pancasila.
- Melaksanakan KBM dan bimbingan secara efektif dan inovatif serta mampu memberikan motivasi yang tinggi terhadap anak didik.
- Mengembangkan kegiatan ekstrakokurikuler di sekolah.
- Menumbuhkan aktifitas yang bernuansa agamis.
Tujuan SDN Kloposawit 03
- Meningkatkan kesadaran senang membaca buku.
- Peningkatan prestasi akademis.
- Peningkatan rata-rata nilai UASBN.
- Menguasai salah satu bidang olahraga.
- Peningkatan kesadaran beperilaku disiplin
- Tumbuh kesadaran menjalankan ibadah sesuai agama yang dianut.
- Berbudi pekerti luhur.
Pertanyaan
- Bagaimana keadaan siswa baik secara internal (dalam diri siswa) maupun eksternal (lingkungan, orang tua, dan ekonomi keluarga)?
- Pelayanan apa yang akan diberikan kepada siswa dan lingkungan sekitar sekolah?
- Bagaimana pelayanan itu akan diberikan?
ANALISIS SWOT
Analisis SWOT adalah salah satu teknik analisis untuk mengkaji sekolah secara keseluruhan. Untuk mengkaji suatu sekolah perlu dilakukan analisis dengan melihat faktor internal (yang muncul dari dalam sekolah) dan faktor eksternal (yang ada atau datang dari luar sekolah).
Faktor-faktor Internal, yaitu:
- Kekuatan (Strengths) dan
- Kelemahan (Weaknesses)
Pertanyaan kunci untuk menganalisis faktor-faktor internal:
- Bagaimana kinerja para guru dan kepala sekolah selama ini? (penjelasan keberhasilan baik kuantitas maupun kualitasnya) (deskripsi dan penilaian)
- Sumber daya apa yang dimiliki dan dapat mendukung keberhasilan sekolah? (penjelasan kuantitas dan kualitas tentang tenaga pendidik, sarana dan prasarana, dll) (deskripsi dan penilaian)
- Sistem manajemen, kebijakan dan strategi apa yang dijalankan untuk mendayagunakan sumber daya yang ada? (deslripsi dan penilaian)
- Apakah kekuatan-kekuatan yang dimiliki sekolah?
- Apakah kelemahan-kelemahan yang dimiliki sekolah?
Faktor-faktor Eksternal, yaitu:
- Peluang (Opportunities) dan
- Ancaman (Threats)
Pertanyaan kunci untuk menganalisis faktor-faktor eksternal:
- Apa kecenderungan umum mengenai situasi dan kondisi ekonomi, politik, budaya, lingkungan yang menjadi masalah dasar?
- Apa akar penyebabnya?
- Siapakah pelaku-pelaku yang turut mempengaruhi masalah tersebut?
- Apakah ancaman-ancaman (dampak negatif) yang ditimbulkan waktu lalu, sekarang dan masa mendatang?
- Apakah peluang-peluang (dampak positif) yang ditimbulkan pada waktu lalu, sekarang dan masa mendatang?
Hasil Analisis SWOT:
- Strengths (Kekuatan):
- Sumber daya tenaga pendidik dengan kompetensi yang cukup memadai
- Fasilitas kantor yang cukup baik
- Weaknesses (Kelemahan)
- Gedung sekolah yang sudah kurang layak
- Kurangnya buku-buku referensi bagi tenaga pendidik
- Tidak mempunyai ruang dan buku-buku perpustakaan yang cukup
- Minimnya keuangan yang berasal dari BOS
- Opportunities (Peluang)
- Jumlah siswa yang tidak terlalu banyak yang memudahkan guru dalam memberikan pelayanan terhadap siswa
- Lingkungan yang cukup tenang, jauh dari kebisingan
- Sarana ibadah (Masjid) yang bersebelahan dengan sekolah
- Threats (Ancaman)
- Kurangnya dukungan dari wali murid terhadap pendidikan anaknya
- Kurangnya dukungan dari wali murid terhadap program-program sekolah
- Kurangnya kepercayaan wali murid terhadap sekolah, sehingga ada yang sekolah di tempat lain yang dianggap kualitas dan fasilitasnya lebih baik.
Penyusunan Strategi
Gambaran tahapan/langkah di titik mana kita sekarang dan darimana tindakan harus dimulai untuk mencapai perkembangan di masa mendatang. Berisi rumusan tujuan spesifik, hasil yang akan dicapai dan program yang dilakukan untuk mencapai tujuan.
![]() |
![]() | |||
![]() | |||
Pertanyaan Diskusi:
- Apakah tujuan-tujuan spesifik yang harus ditetapkan untuk mengantarkan tercapainya tujuan strategis (goal)?
- Apakah hasil konkrit yang diharapkan untuk masing-masing tujuan tersebut yang menggambarkan terciptanya kondisi baru?
- Apakah bentuk kegiatan (program) yang harus dilakukan?
Pengambilan Keputusan Berdasarkan Hasil Analisis SWOT
Setelah hasil analisis SWOT dilakukan yang menghasilkan faktor-faktor internal (Kekuatan / Strengths dan Kelemahan / Weaknesses ) dan eksternal ( Peluang / Opportunities dan Ancaman / Threats ), maka hasil tersebut digunakan untuk menentukan strategi-strategi, yaitu:
1. Strategi SO dengan mengembangkan suatu strategi dalam memanfaatkan kekuatan (S) untuk mengambil manfaat dari peluang (O) yang ada.
a. Adanya sumber daya tenaga pendidik dengan kompetensi yang cukup memadai, akan dapat memberikan pelayanan yang optimal terhadap siswa yang berjumlah tidak terlalu banyak
b. Lingkungan yang cukup tenang, jauh dari kebisingan, dapat membuat proses belajar mengajar tidak terganggu oleh suara-suara yang dapat mempengaruhi konsentrasi guru dan siswa pada saat pelajaran
c. Sarana ibadah (Masjid) yang bersebelahan dengan sekolah dapat memberikan kesempatan kepada Guru Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan kompetensi siswa di bidang keagamaan
2. Strategi WO yaitu mengembangkan suatu strategi dalam memanfaatkan peluang (O) untuk mengatasi kelemahan (W) yang ada.
a. Jumlah siswa yang tidak terlalu banyak tidak banyak mempengaruhi pengembangan ilmu pengetahuan siswa, meskipun buku-buku referensi bagi tenaga pendidik dan tidak adanya ruang beserta buku-buku perpustakaan sangat kurang, karena jumlah siswa yang tidak terlalu banyak, memudahkan guru dalam memberikan pelayanan terhadap siswa
b. Adanya lingkungan yang cukup tenang, jauh dari kebisingan dan adanya sarana ibadah (Masjid) yang bersebelahan dengan sekolah tidak banyak mempengaruhi proses pembelajaran dan pengembangan kompetensi siswa meskipun gedung sekolah yang sudah kurang layak dan minimnya keuangan yang berasal dari BOS
3. Strategi ST yaitu dengan mengembangkan suatu strategi dalam memanfaatkana kekuatan (S) untuk menghindari ancaman (T).
Adanya sumber daya tenaga pendidik dengan kompetensi yang cukup memadai dan fasilitas kantor yang cukup baik dapat didayagunakan secara optimal untuk menningkatkan :
a. dukungan dari wali murid terhadap pendidikan anaknya
b. dukungan dari wali murid terhadap program-program sekolah
c. kepercayaan wali murid terhadap sekolah, sehingga tidak ada lagi anak usia sekolah dasar yang sekolah di tempat lain yang dianggap kualitas dan fasilitasnya lebih baik.
4. Strategi WT yaitu dengan mengembangkan suatu strategi dalam mengurangi kelemahan (W) dan menghindari ancaman (T).
a. Pembenahan gedung sekolah melalui bantuan pemerintah
b. Melengkapi buku-buku referensi bagi tenaga pendidik melalui foto copy dan pembelian secara bertahap melalui dana BOS.
c. Pengadaaan ruang perpustakaan dengan memanfaatkan perumahan guru, dan pengadaan buku-buku perpustakaan melalui usulan bantuan dari pemerintah dan masyarakat
d. Pembenahan sistem manajemen keuangan yang disesuaikan dengan adanya dana BOS yang sangat minim.
e. Meningkatkan kepercayaan dan dukungan dari wali murid terhadap pendidikan anaknya dan program-program sekolah melalui silaturahmi dan sosialisasi
Catatan: Rencana kerja untuk menetapkan tujuan seharusnya SMART:
· Specific (Spesifik)
· Measurable (Dapat diukur)
· Achievable (Dapat dicapai)
· Realistic (Dapat dimengerti)
· Time Bond (Jelas batas waktunya)
Hasil yang Diharapkan
Dari rencana tindakan di atas diharapkan mencapai hasil seperti di bawah ini:
- Peningkatan kualitas pendidikan di SDN Kloposawit 03
- Peningkatan kompetensi siswa dan lulusan dari SDN Kloposawit 03
- Mengembalikan kepercayaan dan dukungan dari wali murid terhadap pendidikan dan program-program sekolah SDN Kloposawit 03
- Peningkatan sarana dan prasarana sekolah yang lebih baik
|
|
MANTAP....BISA BUAT PERBANDINGAN SEKOLAH LAIN,TRIMS
BalasHapusGood
BalasHapushasil analisanya cukup bagus semoga sukses
BalasHapusTerima kasih. Cocok dan bermanfaat.
BalasHapusSangat inspiratif...
BalasHapusbisa berbagi tentang cara mengelola sekolah
BalasHapusbisa berbagi tentang cara mengelola sekolah
BalasHapusbisa berbagi tentang cara mengelola sekolah
BalasHapus